SELAMAT BERKUNJUNG

Rabu, 28 Juli 2010

Pengertian dan Hakikat Shalat

Shalat secara bahasa dalam bahasa arab berarti do’a, sedangkan menurut istilah merupakan serangkaian ibadah yang dimulai dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam, dengan

memiliki syarat dan rukun tertentu.
Tidak dapat diragukan lagi bahwa shalat merupakan kesenangan hati bagi orang-orang yang mencintainya dan merupakan kenikmatan roh bagi orang-orang yang mengesakan Allah. Shalat merupakan rahmat Allah yang diberikan kepada hamba-Nya. Allah menuntun dan memperkenalkannya sebagai rahmat dan kehormatan bagi mereka, supaya dengan shalat itu mereka memperoleh kemuliaan dari-Nya dan keberuntungan karena berdekatan dengan-Nya. Bila itu benar-benar telah kita rasakan, maka niscaya shalat yang merupakan suatu kewajiban tidak akan terasa berat lagi, karena kewajiban yang berat itu telah berubah menjadi suatu kebutuhan yang harus terpenuhi.
Allah memerintahkan shalat bukan karena butuh terhadap mereka tapi justru memberikan karunia kepada mereka. Dengan shalat itu, hati dan seluruh anggota tubuh beribadah, dan dengan itu Allah menjadikan bagian hati lebih sempurna karena ia merasakan kesenangan dan kelezatan ketika berdekatan dengan-Nya. Mereka juga merasakan kenikmatan karena mencintai-Nya, merasakan kegembiraan kaerena berdiri di hadapan-Nya, tidak berpaling selain kepada Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang, seraya menyempurnakan hak-hak ubudiyah kepada-Nya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

MUSS4FIR © 2008 Template by:
SkinCorner